Terjadinya kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pengantin baru. Jika tanda-tanda kehamilan telah terjadi, pasangan suami istri akan merasa gembira. Setiap pasangan suami-istri tentu menginginkan kelak janin lahir dan tumbuh dengan sehat.

Perawatan saat kehamilan juga diperlukan agar janin dalam kandungan terpantau perkembangannya. Selain itu, sang ibu hamil juga harus memperhatikan konsumsi makanan, minuman dan banyak beristirahat. Mengetahui tanda terjadinya kehamilan adalah pedoman penting bagi pasangan yang baru menikah.

Ragam Tanda-tanda Kehamilan yang Biasa Muncul
Umumnya, tanda-tanda kehamilan dapat dikenali dari:
1.    Berhentinya menstruasi.
Jika siklus menstruasi terhenti atau terlambat, anda bisa mengetes kehamilan dengan test pack atau periksa ke dokter. Namun, belum tentu hasilnya positif. Terkadang stress, kelelahan dan perubahan hormon bisa menyebabkan terlambatnya menstruasi.
2.    Berat badan wanita bertambah
Hamil menyebabkan berrat badan naik, apalagi jika potensi kehamilannya kembar.
3.    Morning Sickness
Mual-mual di pagi hari disertai muntah dan pusing adalah gejala yang umum terjadi pada wanita hamil. Hal ini dipicu dari meningkatnya hormon HCG. Pada sebagian wanita, mual dan muntah dialami sepanjang hari.
4.    Terjadinya perubahan kondisi fisik
Wanita hamil akan mengalami perubahan fisik karena adanya peningkatan hormon dan persiapan tubuh untuk menyambut kelahiran bayi. Misalnya puting payudara yang membesar dan seringnya keinginan untuk buang air kecil karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang membesar.

Tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada trimester kedua hingga ketiga adalah terlihatnya janin di monitor USG. Jika janinnya kembar, akan terdeteksi 2 janin yang masing-masing memiliki detak jantung sendiri.