Semakin mengkilap dan bening batu akik tersebut, maka akan semakin meningkatkan harga dari batu cincin.Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengkilapkan batu cincin ini sangatlah beragam. Mulai dari cara modern, hingga cara yang tradisional.

Cara tradisional untuk mengkilapkan batu akik ini cenderung lebih murah, meskipun memerlukan waktu dan usaha yang tidak bisa dibilang mudah.
Yuwono, perajin batu akik di Kelurahan Banaran, Kecamatan Kota, kini berjibaku merancang batu akik itu. Bahan bakunya melimpah. “Ada batu hanya ada di Kediri,” ujar pria yang mengaku sudah sepuluh tahun menjadi perajin sekaligus pedagang batu akik itu kepada Tempo, Jumat, 20 Maret 2015.

Jenis batu akik yang ditemukan berasal dari lereng Gunung Wilis. Batuan yang dianggapnya tergolong fosil ini merupakan sisa tanaman kayu yang tertimbun dan berumur lebih dari 200 tahun. Menurut Yuwono, motif batu akik yang diklaim khas Kediri itu seperti motif batik dan relief. “Salah satu namanya Wijayakusuma.”

Beragam batu akik, dari yang murah sampai yang harganya ratusan juta digelar di aula Radio Republik Indonesia Padang, Sumatera Barat, selama empat hari dari 1 April hingga 4 April 2015. Pameran bertajuk: “Kemilau Batu Akik Nusantara” ini diserbu pengunjung.

Batu akik yang dipamerkan memiliki bentuk yang indah dan unik serta berasal dari Sumatera Barat seperti Lumuik Sungai Dareh, Lumuik Suliki, Black Diamond juga batu akik yang berasal dari luar Sumatera Barat seperti batu akik Bacan, Kalimaya, Badar Besi, Giok Aceh, Kecubung, dan Raflesia.

Salah seorang pedagang juga Abdul Wahab Nasaru, mengungkapkan bahwa penurunannya harga batu akik disebabkan oleh penjualan selama festival yang dinilai sangat tidak bergairah. Pengunjung yang datang memang ramai dan banyak, tetapi hanya melihat-lihat saja. Ia pun menuturkan bahwa penghasilannya kali ini menurun drastis dibanding festival dan pameran sebelumnya yang digelar beberapa waktu lalu.
Bahkan cara tradisional ini juga sudah mulai diaplikasikan pada jaman Walisongo. Di jaman itu, popularitas batu cincin masih sangat terbatas.

Hanya kalangan bangsawanlah yang memiliki kemampuan untuk membeli atau membuat batu cincin tersebut.