Bagi anda yang tinggal di daerah tropis, tentulah udara yang panas dan lembap selalu menjadi masalah bagi kenyaman rumah anda. Bagi anda yang ingin membangun rumah di daerah beriklim tropis seperti indonesia, sebaiknya anda menggunakan desain dari rumah tropis. Rumah tropis adalah rumah yang dirancang dengan unsur-unsur yang ditujukan untuk memanfaatkan kelebihan sinar matahari sebagai sumber pencahayaan di siang hari dan juga mengatasi kelemahan iklim tropis yakni udara yang panas dan lembab.

Pada desain eksterior rumah tropis, rumah tropis memiliki ciri atap yang tinggi agar tercipta volume atap yang besar untuk menampung udara panas yang masuk ke dalam ruangan. Pilihlah juga bahan atap yang bagus mengingat atap merupakan bagian dari rumah yang paling banyak menerima panas matahari yang ekstrim. Ciri-ciri lain dari desain eksterior rumah tropis adalah jumlah jendela atau sirkulasi udara yang banyak. Jendela atau ventilasi sangat penting sebagai tempat sirkulasi udara, utamanya pada bagian ruang atap di mana udara panas banyak terkumpul. Selai menjadi tempat sirkulasi udara, jendela juga berfungsi sebagai jalan masuk cahaya matahari untuk memberi penerangan pada rumah anda.

Terakhir, untuk desain eksterior rumah tropis, tidak ada salahnya untuk menambahkan tanaman dan kolam ikan pada rumah anda. Selain untuk memperindah rumah anda dan memperkental nuansa tropisnya, penambahan tanaman dan kolam ikan juga dapat membantu menetralisir udara panas dari luar sehingga rumah anda terasa lebih sejuk dan asri.

Demikianlah informasi mengenai cara membangun rumah yang baik di daerah beriklim tropis. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda serta menjadi inspirasi untuk membangun rumah impian anda.