Panduan Belajar Investasi
Pastikan keuangan anda aman
Terjun secara langsung kedalam investasi tanpa memeriksa dan memastikan keuangan anda itu seperti melompat ke dalam kolam yang sangat dalam tanpa tahu cara berenang. Di atas biaya hidup, pembayaran saldo kartu kredit dan hutang bisa saja memakan jumlah uang yang anda simpan untuk investasi.
Hei Calon Investor dan Pemula, Ayo Belajar Investasi Reksa Dana Saham Biar Gak Malah Buntung
Investasi Reksa Dana

by DuitPintar
Cara Berinvestasi di Bursa Efek

Bursa Efek merupakan sebuah pasar yang terorganisasi dimana para pialang melakukan transaksi jual beli saham / surat berharga dengan berbagai perangkat aturan yang ditetapkan di Bursa Efek tersebut. Lalu, bagaimana caranya berbisnis saham atau berinvestasi di Bursa Efek?

Informasi lebih detil mengenai saham bisa anda baca di artikel-artikel berikut:

Pengertian Tentang Saham
Main Saham‭ ‬Menghasilkan Uang
Analisa Fundamental Saham: Pengertian Nilai Saham, Ekuitas, dll
Analisis Teknikal Saham dan Perubahan Harga Saham
Penawaran Saham Perdana: Cara Beli Saham IPO
Prospektus Perusahaan
Tips Membeli Saham

Apabila kita ambil contoh,‭ ‬Bursa Efek ibaratnya seperti PD Pasar Jaya yaitu selaku pengelola pasar dimana kios-kiosnya disewakan kepada pedagang.‭ ‬Pedagang disini adalah broker atau perusahaan efek.‭ ‬Sementara pembelinya disebut investor atau pemodal.
24 Jul 2015
0
SHARES

Artikel Ini adalah Hasil Kerjasama DuitPintar.com dan Mitra Perencana Keuangan Kami,Finansialku.com

 

Pelajari dasar-dasar investasi
Anda tidak perlu menjadi ahli finansial untuk berinvestasi, tapi anda membutuhkan beberapa terminologi dasar sehingga anda lebih siap untuk membuat keputusan. Pelajari beda saham, obligasi, reksa dana dan sertifikat deposito. Anda juga perlu belajar teori finansial sepeti optimalisasi portofolio, diversifikasi dan efisiensi pasar. Membaca buku yang ditulis oleh investor yang sukses seperti Warren Buffet atau membaca tutorial di website sepeti investopedia adalah permulaan awal yang baik.
Penghasilan sendiri belum punya. Uang jajan pun masih menanti kucuran dana dari orang tua. Namun, siapa bilang kita tidak bisa mulai berinvestasi. Jangan merasa terlalu dini untuk mulai mengenal dunia pasar modal. Warren Buffett, pengusaha besar dan investor AS, membeli saham pertamanya di usia 11 tahun. Dan, dia merasa sudah terlambat untuk memulai berinvestasi.

Belajar dari Buffett, kita pun bisa mulai berkenalan dengan dunia investasi. Caranya, bisa dengan mulai belajar berinvestasi. Misalnya saja, investasi lewat dunia pasar modal. Jangan salah, dengan dana minim sebenarnya bisa menjadi modal kita untuk menanam saham dalam sebuah perusahaan melalui pasar modal ini.

Tetapkan tujuan
langkah belajar investasi
Setelah anda menyiapkan budget untuk investasi anda dan mempelajari dasar-dasar investasi, inilah saatnya untuk menetapkan tujuan investasi anda. Meskipun semua investor pada dasarnya adalah mendapatkan keuntungan, ada juga yang datang dari latar belakang yang berbeda dan kebutuhan yang berbeda. Kemanan finansial, pendapatan, dan apresiasi adalah faktor yang harus dipertimbangkan; apa yang terbaik untuk anda akan tergantung pada umur, posisi dalam hidup, dan keadaan personal. Eksekutif bisnis berumur 35 tahun dan janda tua berumur 75 tahun mempunyai kebutuhan yang sangat berbeda.

Advertisements