Cara dan Langkah-Langkah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
edited by • 25 May 2016

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan, semua elemen pekerja yang ada di Indonesia harus menggunakan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari risiko terkait kesehatan, jaminan hari tua, dan segala manfaat yang tergantung dalam BPJS tersebut.

Sebagai pekerja yang menerima upah dan pemberi kerja (perusahaan) yang membayar upah, keduanya harus memahami segala hak dan kewajiban yang terkandung dalam BPJS tersebut. Ada banyak manfaat yang didapatkan dalam BPJS tersebut. Misalnya, manfaat yang terkait dengan jaminan kecelakaan kerja sekaligus Jaminan Hari Tua (JHT).
Bagaimana Sistem Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan bekerja berdasarkan premi yang dibayarkan pekerja dan pemberi kerja yang dikelola untuk berbagai investasi. Hasil dari investasi tersebut akan dikembalikan lagi kepada peserta BPJS seperti halnya sebuah tabungan atau investasi. Sebagai contoh, program JHT (Jaminan Hari Tua) dalam BPJS Ketenagakerjaan. Dalam program JHT, iuran tersebut dibayarkan langsung oleh perusahaan dengan memotong penghasilan pekerja dengan perhitungan 3,7% ditanggung perusahaan dan 2% ditanggung pekerja. Atau jika ditotal sebesar 5,7% dari upah. Untuk program lainnya seperti JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), Jaminan Pensiun, dan Bukan Penerima Upah, dapat dilihat di http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Selama ini pekerja hanya mengandalkan print out yang dikirimkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan setiap setahun sekali untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaannya. Namun sebenarnya pihak BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan kemudahan kepada pesertanya untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui beberapa cara yang lainnya. Dapat melalui online/internet dan SMS, menggunakan perangkat computer maupun mobile/ponsel melalui aplikasi yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan.
Inilah 5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Saat ini berbagai informasi terbaru dapat diperoleh secara online. Informasi yang tertuang dalam website resmi BPJS bisa memberikan informasi kepada peserta mengenai cek saldo JHT (Jaminan Hari Tua), Informasi terbaru program BPJS, Informasi kantor cabang BPJS, Informasi program JHT, Informasi program JKM (Jaminan Kesehatan Masyarakat), serta Informasi seputar BPJS lainnya.

Berbagai kemudahan layanan tersebut merupakan upaya dari pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbaiki pelayanan kepada konsumen, yang sebagian besar merasa masih kurang maksimal karena berbagai masalah.

Dengan adanya fasilitas untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online dan melalui SMS, nasabah akan semakin terbantu jika ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dimilikinya. Berikut 5 cara dan langkah-langkah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.
1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Cara Manual

Cara Manual Cek Saldo BPJS

Datangi Kantor BPJS Terdekat via primaradio.co.id

Disebut manual karena cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan sebelum penerapan digitalisasi seperti saat ini, yaitu dengan mendatangi langsung Kantor BPJS Ketenagakerjaan, kemudian menjumpai petugas yang ada untuk minta di-print-kan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan. Namun, cara manual ini sudah mulai ditinggalkan seiring semakin banyaknya pilihan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang lebih mudah dan praktis.

Advertisements