Harga Al Quran Madina Ar Rayyan
Al Quran Cantik, Al Quran Pelangi, Al Quran Rainbow, Beli Al Quran, Jual Al Quran·March 20, 2017March 20, 2017
Berapa Harga Jual Alquran Kecil Ukuran Saku?
Dian Kartika28 Mei 2017 No comment 1764 views
★★★★★
Berapa Harga Jual Al quran Kecil Ukuran Saku?,5 / 5 ( 1votes )
You need to enable JavaScript to vote

Membaca dan mengamalkan Alquran memang sudah menjadi hal yang wajib bagi seluruh umat muslim di dunia. Menjelang datangnya bulan puasa Ramadan seperti saat ini, beribadah dengan membaca Alquran tentu akan semakin menyempurnakan ibadah Anda. Walaupun sudah banyak tersedia versi aplikasi mobile, sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang suka membaca Alquran dalam bentuk fisik. Alquran dalam bentuk fisik tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang berukuran sebesar kertas A4 hingga yang paling kecil sebesar saku ukuran kertas A7. Harganya pun dijual relatif terjangkau.
Harga Al Quran Madina Ar Rayyan – Salah satu Produk Al Quran For Man adalah alquran kecil ar rayyan yang di desain simple dan elegan dengan kombinasi pahatan kayu dan cover kain yang berkualitas dilengkapi dengan resleting untuk pelindung bagian dalam alquran.

harga alquran kecil murah
Qur’an Kecil, “Qur’an Istanbul”

Banyak orang bertanya-tanya tentang Qur’an kecil, mini, yang umumnya mereka warisi dari keluarganya. Qur’an kecil itu biasanya disebut “Qur’an Istanbul”, “Istambul”, atau “Stambul”. Dua hal yang umumnya menjadi pertanyaan, yaitu apakah itu tulis tangan atau cetakan, dan kapan Qur’an ini dibuat. Untuk pertanyaan pertama, Qur’an kecil seperti itu (hampir) bisa dipastikan adalah cetakan, bukan tulis tangan. Dan karena dahulu umumnya dicetak di Istanbul, maka nama kota itu melekat menjadi sebutan, “Qur’an Istanbul”.
Gambar 1. Qur’an kecil cetakan Istanbul.

Di dunia Islam, Qur’an baru mulai banyak dicetak pada sekitar pertengahan abad ke-19, dan pada paruh kedua abad ke-19 tumbuh pesat seiring perkembangan teknologi percetakan. Berdasarkan kenyataan itu, Qur’an kecil diperkirakan umumnya dicetak pada awal atau pertengahan abad ke-20, atau bahkan lebih muda dari itu. Mengapa demikian?
Tampak, dalam contoh mushaf kecil di bawah, unsur-unsur kelengkapan mushaf seperti penomoran ayat serta ‘judul lari’ nama juz dan surah di bagian atas halaman sudah seperti yang berlaku pada zaman sekarang. Bandingkan dengan Qur’an cetakan Istanbul 1881 (http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/04/mushaf-cetakan-turki-1881-mushaf-ini.html). Di dalam Qur’an yang ditulis oleh Hafiz Usman ini nomor ayat terletak di depan (bukan belakang seperti yang berlaku sekarang), dan dimulai dari angka dua! Lebih dari itu, Qur’an-Qur’an yang dicetak sebelum abad ke-20 seperti cetakan Palembang, Singapura dan India (silakan “search/cari” contohnya di blog ini), belum ada yang mencantumkan nomor ayat. Mengenai penomoran ayat dalam mushaf, silakan lihat http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/12/nomor-ayat-dalam-quran.html.
Selanjutnya, perlu dibedakan antara penulisan mushaf dan produksi atau pencetakannya. Qur’an kecil seperti ini banyak yang ditulis oleh Hafiz Usman, seorang kaligrafer Qur’an Turki Usmani paling terkenal yang hidup pada 1642-1698 (Gambar 1, 2). Jadi, tulisannya sendiri dibuat pada abad ke-17, namun mushaf tersebut dicetak, dan terus direproduksi, pada abad ke-20. Di Turki, Hafiz Usman memang sangat dihormati, bahkan hingga sekarang, dan karya tulisnya terus dicetak hingga kini. Saya menyaksikan sendiri ada sejumlah mushaf tulisan Hafiz Usman cetakan baru di beberapa masjid besar di Istanbul (2011).
Perlu diketahui, tidak semua Qur’an kecil yang ‘telanjur’ disebut “Istambul” itu berasal dari Istanbul. Contoh di bawah ini (Gambar 3, 4), berdasarkan ciri hurufnya, tampaknya diproduksi di India atau Pakistan.
Al Quran Kecil Ar Rayyan ini dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia Standart Depag RI, bagian dalamnya juga terdapat Tajwid berwarna pada setiap huruf nya, menjadikan mempermudah dalam membaca alquran. Berikut ini spesifikasi lengkap alquran ar rayyan.

Advertisements